"Blog ini saya buat dalam keadaan yang sesadar-sadarnya tanpa ada paksaan dari pihak manapun.. ..::ZAMAL MAULANA SIDIQ::.."

Anda adalah pengunjung ke...

Free Counters
Free Counters

Potongan Arca Ditemukan di Tasikmalaya

expr:id='"post-" + data:post.id'> Tasikmalaya (ANTARA News) - Sebuah potongan arca batu bagian dari patung manusia ditemukan warga di Desa Cidadap, Kecamatan Karangnunggal, Kabupaten Tasikmalaya, Jawa Barat.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Tasikmalaya, Alfian, kepada wartawan, Rabu mengatakan potongan arca tersebut ditemukan beberapa waktu lalu oleh warga setempat yang tidak sengaja sedang menggali tanah.

Menurut dia, perlu dilakukan pengkajian oleh arkeolog, karena Disbudpar tidak dapat memastikan keaslian potongan arca itu yang hanya bagian dari pahan patung manusia.

"Tetapi kami juga meyakini bahwa di lokasi itu sebelumnya pernah ditemukan beberapa peninggalan zaman purbakala, di antaranya arca," katanya.

Ia mengatakan potongan arca tersebut saat ini masih disimpan warga, dan Disbudpar akan mengundang arkeolog untuk melakukan pengkajian terhadap potongan arca itu.

"Rencananya akan dilakukan penggalian dengan melibatkan arkeolog, karena di lokasi itu diduga masih ada peninggalan zaman purbakala yang belum ditemukan," kata Alfian.

Menurut dia, di lokasi penemuan potongan arca tersebut terdapat situs gua Malawang. Kawasan itu sebelumnya telah diteliti tim arkeolog dari Bandung.

Bahkan, kata dia, di lokasi situs gua Malawang pernah ditemukan beberapa benda yang terpecah-pecah yang diduga merupakan peninggalan zaman purbakala, karena ditemukannya kapak batu dan potongan gerabah.

"Ada beberapa benda purbakala yang sudah ditemukan dan dikaji oleh arkeolog," katanya.

No comments:

Post a Comment